Header Ads

6 Tips Cerdik Mencari Ide Bisnis Untuk Pemula

6 Tips Cerdik Mencari Ide Bisnis Untuk Pemula - Sebenarnya, ide untuk berbisnis berada dimanapun. Kita terkadang bingung menentukan bisnis karena keterbatasan modal atau keterampilan. Namun, disisi lain kadang kita bingung berbisnis karena memang ide bisnis terlalu banyak. Ya, karena hampir setiap kebutuhan manusia dapat dijadikan bisnis.

Ide untuk berbisnis pada dasarnya memerlukan pengembangan yang matang supaya dapat berjalan sesuai harapan. Karena dalam menentukan bisnis, kita memang tidak bisa main-main. Jika ingin memasuki dunia bisnis, keseriusan yang tinggi, keberanian serta kesabaran merupakan modal yang paling vital selain uang.

Bagi Anda yang mempunyai minat kuat untuk memulai bisnis, maka tidak ada salahnya jika Anda menyimak dan mempelajari yang menjadi pembahasan kita pada artikel kali ini. Terdapat sejumlah tips untuk Anda yang tengah mencari ide untuk merintis bisnis. Kalau begitu, kita mulai tips yang pertama.

6 Tips Cerdik Mencari Ide Bisnis Untuk Pemula
source: wekepo.com

1# Temukan Masalah dan Pemecahannya

Masalah yang dimaksud dalam hal ini yaitu, masalah dari kebutuhan atau tuntutan masyarakat yang belum teratasi secara maksimal. Perlu Anda ketahui, bahwa banyak ide kreatif berbisnis yang tercipta dari sebuah masalah. Salah satunya adalah bisnis ojek online Go-Jek yang berawal dari masalah tukang ojek yang sering “nongkrong” terlalu lama untuk menunggu penumpang. Dari hal tersebutlah, Nadiem Makarim (Pendiri Go-Jek) yang melihat tukang ojek langganannya sering terlalu lama menunggu penumpang, maka tercetus ide berupa aplikasi yang dapat meringankan tukang ojek dengan memanfaatkan teknologi.

Untuk menemukan suatu permasalahan kita bisa memulainya dari diri kita dan lingkungan sekitar kita. Tak usah terlalu jauh. Pelajarilah masalah tersebut, dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. Baik itu dari segi modal maupun keterampilan. Biasanya, ada saja sebuah ide yang masuk untuk memecahkan masalah dan dapat dijadikan bisnis. Tinggal bagaimana kita mengembangkannya saja.

2# Memahami Apa Kebutuhan Banyak Orang

Cari tahu dan pahamilah apa yang sedang dibutuhkan banyak orang. Anda bisa mencarinya dengan cara berkomunikasi, atau mengamati produk apa yang selalu menjadi konsumsi masyarakat dalam jangka panjang. Perhatikanlah bagaimana produk yang cocok dengan berbagai lapisan masyarakat. Misalkan saja Anda ingin berbisnis handphone, maka perhatikanlah beberapa hal. Baik itu dari harga, bentuk, kualitas, model dan sebagainya.

3# Riset Produk yang Ingin Anda Jadikan Bisnis

Hal ini sangat penting dan berperan besar dalam dunia bisnis. Karena melakukan riset akan mempengaruhi produk kita pada persaingan pasar nantinya. Saat ini, melakukan riset cukup mudah dilakukan. Anda bisa menggali informasi dengan media internet untuk meriset produk-produk Anda.

Dengan hasil riset yang Anda dapatkan di internet mengenai produk Anda, nantinya Anda bisa mengkombinasikan dengan ide orisinil Anda. Selanjutnya tugas Anda adalah meracik hasil kombinasi tersebut menjadi sebuah bisnis yang segar dan kreatif. Jika demikian, maka produk Anda akan mendapatkan tempat yang istimewa di pasaran.

4# Belajar dari Kesuksesan Orang Lain

Setiap bisnis yang berjalan dengan baik hingga meraih kesuksesan, tentu saja memiliki keunggulan tersendiri bagi setiap konsumennya. Tugas Anda yakni mempelajari apa saja keunggulan yang menjadikan bisnis tersebut berhasil. Dalam hal ini, Anda mempelajari bukan untuk ditiru secara total. Melainkan, untuk dikembangkan dan dimodifikasi dengan ide serta konsep yang Anda miliki. Dengan cara demikian, bisnis Anda akan mempunyai ciri khas dan keunggulan khusus yang akan berbeda dan baru dimata setiap konsumen.

Mempelajari pengalaman berbisnis orang yang telah berhasil, merupakan hal yang harus dipelajari terus-menerus. Karena dalam dunia bisnis, setiap produk selalu mengalami perkembangan sesuai zaman. Jika Anda tidak mempelajari dari berbagai hal, kemungkinan bisnis Anda akan tertinggal dan menurun.

5# Perhatikan Apa yang Menjadi Trend

Mengikuti trend dalam bisnis memang diperlukan. Namun bukan berarti produk Anda harus 100% sama dengan produk-produk yang telah menjadi trend. Anda bisa membuat hal yang baru dengan mengamati dan memadukan beberapa jenis trend atau model yang menarik bagi masyarakat. Bahkan, lebih bagus lagi jika produk Anda yang menjadi trend.

Pelajarilah mulai dari lingkungan Anda, media sosial, televisi, dan data dari berbagai kalangan mengenai tanggapan dari trend yang ada. Pelajari dan koreksi setiap tanggapan, lalu terapkan hal yang lebih baik pada produk Anda.
baca: 13 Ide Pekerjaan Sampingan Buat Mahasiswa Minimal Bisa Beli Kuota

6# Terus Bergerak dan Berkarya

Jika setiap ide dan konsep Anda dalam berbisnis telah terbentuk dengan baik, maka bergeraklah. Karena ide, konsep serta mimpi-mimpi indah Anda akan sia-sia jika pergerakan Anda tak maksimal. Anda harus berani mencoba dan menerima meski Anda tak tahu hasilnya dan tanggapan dari masyarakat akan bagaimana nantinya.

Karena apapun yang akan dihasilkan nanti akan menjadi pelajaran besar bagi perjalanan bisnis Anda. Bong Chandra seorang pebisnis dan motivator Indonesia mengatakan; “Ketahuilah bahwa orang sukses tidaklah sehebat yang kita bayangkan. Mereka hanya sedikit lebih cepat dan lebih berani.”

0 Response to " 6 Tips Cerdik Mencari Ide Bisnis Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel