Header Ads

8 Tips Pintar Belanja Hemat Hingga Akhir Bulan

Tips Pintar Belanja Hemat Hingga Akhir Bulan - Tanggal gajian merupakan hari yang paling menyenangkan bukan? Biasanya di awal bulan saat gajian tiba, keinginan kita untuk berbelanja barang-barang yang sudah diidam-idamkan tidak bisa terbendung. Bahkan terkadang secara tidak sadar uang kita sudah habis sebelum akhir bulan. Tentunya kita tidak ingin uang cepat habis sebelum akhir bulan. Perlu cara pintar untuk dapat hemat dalam berbelanja.

Terdapat banyak cara yang dapat Anda gunakan agar bisa berbelanja secara hemat. Berikut ini 8 tips pintar hemat belanja hingga akhir bulan untuk membantu pengelolan keuangan Anda:

Tips Pintar Belanja Hemat Hingga Akhir Bulan

1# Menetapkan Tanggal Sebagai Hari Khusus Belanja

Agar dapat hemat berbelanja bulanan, tetapkanlah tanggal yang menjadi tanggal belanja bulanan Anda. Pada hari tersebut, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbelanja kebutuhan rutin bulanan. Namun,selain tanggal tersebut upayakan Anda tidak berbelanja. Buat aturan ini sebagai tanggungjawab pada di sendiri. Dengan cara tersebut, Anda akan lebih disiplin dalam mengelola keuangan Anda.

2# Membuat List Kebutuhan Setiap Tanggal Gajian Tiba

Setiap tanggal gajian tiba perasaan senang pasti menghampiri Anda. Dapat memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah kepuasan tersendiri. Namun demikian, perlu cara yang pintar dalam mengelola gaji Anda. Segera pisahkanlah sejumlah uang untuk kebutuhan sehari-hari. Langkah tersebut adalah solusi tepat agar uang Anda tidak cepat habis sebelum akhir bulan tiba. Sebaiknya, kendalikanlah hasrat belanja Anda. Membuat list semua pengeluaran secara detail dan terperinci adalah cara yang tepat agar dapat mengetahui kondisi keuangan Anda. Melalui cara tersebut, Andapun akan menjadi lebih bijaksana dalam berbelanja.

3# Jeli Menentukan Tempat Belanja Anda

Untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari , sebaiknya Anda jeli dalam menentukan tempat belanja. Pilihlah tempat belanja yang tidak hanya menyediakan barang dengan harga termurah, tapi juga memberikan layanan dengan keuntungan yang banyak. Misalnya potongan harga, kupon hadiah yang diundi setiap bulan dan voucher diskon.

4# Berbelanja Secara Online sebagai Alternatif Pilihan untuk Berbelanja Hemat

Banyaknya toko online yang beredar di internet membuat setiap toko online berani menjual produknya dengan harga yang lebih miring dibandingkan harga yang ditawarkan pusat perbelanjaan dan gerai-gerai mall. Dengan harga yang relatif terjangkau, berbelanja secara online dapat dijadikan alternatif pilihan bagi Anda yang ingin berbelanja dengan hemat. Hal yang terpenting pilihlah online shop yang kualitasnya sudah terpercaya.

5# Berbelanja di saat perut kenyang

Bayangkan jika Anda berbelanja di supermarket dengan banyak gerai makanan yang menggoda selera di sana? Apa yang terjadi? Perut yang kenyang akan membuat Anda berpikir lebih rasional. Anda akan lebih bijaksana dalam mempertimbangkan mana barang yang sangat dibutuhkan dan mana yang tidak. Selain itu, dengan perut kenyang Anda dapat mengendalikan hasrat untuk membeli makanan.

6# Memastikan dengan melakukan cek daftar belanja yang sudah dibuat


Pastikan aktivitas belanja Anda selalu ditemani dengan setia oleh daftar belanjaan yang sudah Anda buat. Berdisiplinlah dengan berbelanja sesuai daftar belanjaan yang sudah Anda buat sendiri. Jika hal tersebut Anda lakukan, percayalah dompet Anda akan aman hingga akhir bulan nanti.

7# Pilih produk dalam kemasan yang besar


Berbelanja dalam kemasan besar merupakan cara yang dapat Anda lakukan guna menghemat pengeluaran saat berbelanja. Harga barang dengan kemasan besar memang terlihat lebih mahal. Namun demikian, apabila Anda hitung, barang dengan kemasan besar ternyata memiliki harga dan volume yang berada pada margin yang jauh lebih menguntungkan dari pada barang dalam kemasan kecil.

Contohnya :
        Harga sabun cair180 ml = Rp 17.000
        Harga sabun cair 90 ml =Rp 500

Sepintas kita akan lebih memilih produk dengan harga yang lebih murah dengan ukuran yang kecil. Padahal jika kita hitung, pembelian sabun cair berukuran 2 kali lipat lebih besar justru membuat kita berhemat sebesar Rp.1000,00. Jika Anda kalikan Rp.1000 dengan 10, Anda sudah bisa berhemat Rp 10.000.

Dengan membeli produk dalam kemasan besar, Andapun tidak harus belanja lagi di bulan depan. Uang Anda dapat digunakan untuk kepentingan yang lain karena produk dalam kemasan besar tersebut dapat bertahan lama.

8# Membuat tantangan bersama teman belanja Anda

Pilihlah teman belanja yang bisa mengingatkan Anda. Bersama teman yang disiplin dalam mengelola keuangannya, Anda akan terdorong dalam mengendalikan hasrat belanja. Agar lebih seru dalam berbelanja, ciptakan tantangan belanja hemat bersama teman belanja Anda. Membuat daftar belanja bersama dan tentukan jumlah anggaran dalam sesi belanja tersebut.

Siapa yang berbelanja paling hemat dengan anggaran yang dikeluarkan sesuai rencana, dialah pemenangnya. Cara yang cukup menarik bukan? Tentunya dengan cara tersebut Anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk biisa berbelanja dengan hemat.
Demikianlah ulasan mengenai 8 tips pintar hemat belanja hingga akhir bulan. Semoga ulasan di atas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "8 Tips Pintar Belanja Hemat Hingga Akhir Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel