Header Ads

13 Ide Pekerjaan Sampingan Buat Mahasiswa Minimal Bisa Beli Kuota

13 Ide Pekerjaan Sampingan Buat Mahasiswa memang sangat cocok untuk mahasiswa atau pelajar yang menginginkan uang jajan tambahan atau bahkan bisa dijadikan sebagai bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan tanpa menganggu aktifitas belajar.

Ide Pekerjaan Sampingan Buat Mahasiswa

Selain dapat digunakan untuk uang jajan, keuntungan dari pekerjaan sampingan ini bisa digunakan untuk membiayai kuliah tanpa harus meminta uang kepada orang tua. Lebih enaknya lagi, beberapa pekerjaan ini tidak harus dilakukan dikantor dan bisa kamu kerjakan di tempat kos atau dimana saja.

Lalu pekerjaan sampingan apa yang cocok untuk mahasiswa? Nah berikut ini adalah nyurcol sudah meringkas ulasaannya !

13 Ide Pekerjaan Sampingan Buat Mahasiswa

Ide Pekerjaan Sampingan Buat Mahasiswa

1# Menjadi Penulis / Content Writer

Kamu hobby menulis? Salurkan hobby kamu dengan menjadi penulis online. Kamu bisa mencoba untuk membuka jasa menulis artikel berita, review atau sinopsis film. Kamu juga bisa menjual artikel kamu di forum-forum atau grup facebook yang sekiranya membutuhkan artikel atau seorang content writer.

Atau dengan kecanggihan teknologi saat ini, kami bisa bertanya kepada Google untuk mencari tahu dimana saja kamu bisa menyalurkan hobby menulis kamu, namun tetap memberikan penghasilan.

2# Menjadi Guru Les atau Guru Private

Menjadi guru les private juga merupakan pekerjaan sampingan buat mahasiswa yang cukup menjanjikan. Ada beberapa mata pelajaran yang biasanya dianggap susah oleh pelajar, diantaranya bahasa inggris dan matematika. Jika kamu rasa menguasai mata pelajaran ini, cobalah untuk menawarkan jasa kamu kepada orang tua siswa disekitar rumahmu. Siapa tahu dengan cara seperti ini lama kelamaan kamu malah bisa membuka kelas bimbel sendiri.

3# Bisnis Jasa Desain Grafis

Kamu jago photoshop, Adobe Ilustrator, Premier dan software grafis lainnya? Kesempatan ini jangan kamu lewatkan, karena diluar sana ada banyak sekali perusahaan atau usaha perorangan yang membutuhkan seorang desainer grafis.

Di internet keahlian ini sangat banyak dicari, mulai dari hanya membuat logo perusahaan, membuat desain kaos, poster, banner dan masih banyak lagi. Atau jika kamu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih banyak kamu juga bisa bergabung di freelancer atau 99design dengan menyelesaikan pekerjaan yang sudah mereka tawarkan, dan sebagai imbalannya kamu akan mendapatkan uang sesuai imbalan yang sudah mereka tuliskan sebelumnya.

4# Bisnis Penerjemah

Pekerjaan sampingan buat mahasiswa ini sangat cocok untuk mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa, baik itu bahasa inggris, bahasa jepang, arab, mandarin, prancis dan bahasa lainnya. Pekerjaan sampingan ini bisa kamu jalankan tanpa modal, hanya saja kamu memerlukan kefasihan bahasa asing yang akan kamu kerjakan.

Selain kamu mendapatkan bayaran dari setiap dokumen yang kamu terjemahkan, tentunya kamu bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai ajang mengasah keahlian bahasa kamu agar lebih baik. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu bisa bergabung di freelancer atau beberapa website yang bisa kamu tanyakan di google.

5# Bisnis Kaos / Distro

Binis yang satu ini memang berkaitan dengan kemampuan desain grafis yang sudah dijelaskan diatas tadi. Namun akan lebih baik bukan jika kalian membuat desain sendiri kemudian mencetaknya sendiri diatas kaos? Dengan demikian tentu kamu dapat menentukan kualitas dari kaos yang akan kamu jual.

Untuk masalah pemasaran, kamu bisa mencoba mempromosikannya kepada teman sekelas, grup kampus atau social media. Selain bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan, pekerjaan ini bisa kamu jadikan sebagai titik awal dalam kamu merintis bisnis.

6# Jasa Pembuatan Toko Online

Bisnis jasa pembuatan toko online ini memang pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa jurusan IT. Pembuatan toko online ini berkaitan dengan mata kuliah pemograman web yang identic dengan bahasa pemograman PHP, CSS, HTML, dll. Sekarang ini sedang populer sekali pemasaran produk secara online dengan meletakkan foto barang yang akan dijual dalam sebuah website yang disebut dengan toko online.

Jadi jika kamu pintar atau mahir dalam pemograman web, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mendapatkan pendapatan lebih, karena jasa ini menjanjikan keuntungan finansial yang sangat besar.

7# Jasa Pembuatan Website

Sama halnya dengan jasa pembuatan toko online tadi, jasa pembuatan website juga memerlukan sedikit pengetahuan tentang pemograman PHP, HTML, CSS dan penggunaan CMS. Bisnis ini juga sangat menjanjikan, karena jika kita lihat saat ini hampir semua perusahaan, kampus, sekolah atau instansi pemerintahan membutuhkan website. Dan tidak semua orang itu mampu membuat website yang bagus dan baik, maka dari itu jangan lewatkan kesempatan ini.

8# Menjadi Publisher / Blogger

Untuk menjadi seorang blogger atau publisher kamu tidak dituntut banyak keahlian. Yang kamu perlukan adalah rajin menulis atau posting dan promosi. Menjadi seorang publisher bisa dimulai tanpa modal, namun kamu harus menyediakan akses internet yang nantinya akan digunakan untuk browsing. 

Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari blog kita? Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyediakan ruang iklan, menjual produk di blog, ikut bergabung menjadi mitra google, bergabung dalam program PPC seperti Kliksaya, revenuehits dan masih banyak lagi.

9# Menjadi Youtubers

Ide Pekerjaan Sampingan Buat Mahasiswa Youtuber

Belakangan sangat populer berita tentang pendapatan dari youtube dan berprofesi menjadi seorang youtubers. Yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang youtubers adalah kamu perlu membuat video dengan konten unik dan kemudian diupload di youtube. Setelah itu kamu bisa bergabung menjadi mitra google agar video kamu bisa diuangkan. Jika kamu penasaran, kamu bisa mencari tutorialnya di internet.

10# Jasa Servis Laptop atau Komputer

Dilingkungan kampus pasti ada banyak sekali mahasiswa yang memiliki laptop. Nah gunakan kesempatan ini untuk memulai bisnis kamu. Tetapi bisnis ini hanya cocok buat kamu mahasiswa yang jago servis hardware maupun software komputer atau laptop.

Namun selain kamu harus memiliki ketrampilan ini, kamu juga harus memiliki peralatan seperti obeng, tang, software dan peralatan penting lainnya.

11# Bisnis Jualan E-Book

Electronik Book atau sering disebut dengan E-Book saat ini sangat populer dan disukai banyak orang. Sekarang ini sudah banyak sekali E-Book yang dijual diinternet. Pesatnya pekembangan gadget dan smartphone saat ini, banyak orang yang lebih memilih membeli E-Book daripada buku hard-copy. Nah peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan cara menjual E-book hasil tulisan sendiri atau menjual E-Book orang lain.

12# Jualan Tiket

Biasanya di kampus banyak sekali mahasiswa yang berasal dari luar wilayah dan mereka harus menaiki transportasi seperti pesawat, kereta api atau bus ketika pulang kampung. Nah kesempatan ini bisa kamu jadikan bisnis kecil-kecilan dengan menyediakan jasa menjual tiket. Tentunya bisnis ini dapat kamu jalankan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal.

13# Dropship

Belakangan bisnis dropship cukup populer apalagi ditengah pandemi seperti ini. Dropship sendiri adalah bisnis cukup tergolong mudah untuk dikerjakan. Kamu juga tidak terlalu banyak membutuhkan modal uang banyak, namun kamu akan tetap membutuhkannya, hal ini untuk menalangi jika ada order masuk, kecuali kamu bisa mengambil barang terlebih dahulu dan membayar ketika kostumer sudah membayar.

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mencari supplier yang bisa kamu percaya dan selalu ready dengan barang yang kamu jual. Kamu bisa menjual produk bayi, kosmetik, snack makanan, dan lain sebagainya.

Untuk cara pemasarannya sendiri tergantung dengan kreatifitasmu, bisa menggunakan story instagram, story whatsapp, buat toko di marketplace shopee, lazada, tokopedia dan masih banyak lagi.

Kesimpulan :

Kampus bukan hanya sekedar tempat untuk menimba ilmu, disana kita bisa belajar bisnis dan menambah wawasan kita. Meskipun kita harus pintar dalam mengatur jadwal kuliah dengan pekerjaan sampingan, namun beberapa pekerjaan sampingan yang dijabarkan diatas sangat fleksibel waktu.

Apalagi dengan adanya internet saat ini, pekerjaan dapat dengan mudah kamu kerjakan dimana saja bahkan di kos-an tanpa mengganggu waktu kuliah. Semoga 13 Ide pekerjaan sampingan buat mahasiswa ini bermanfaat.

0 Response to "13 Ide Pekerjaan Sampingan Buat Mahasiswa Minimal Bisa Beli Kuota"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel