Header Ads

4 Bahaya Efek Samping Kebanyakan Makan Mie Instan. Apa Akibatnya ?

Efek Samping Makan Mie Instan - Mie instan adalah makanan terpopuler di dunia khususnya di wilayah Asia. Tidak sedikit orang yang suka dengan makanan ini (mie instan). Baik dari kalangan bawah, menengah sampai kalangan atas semua suka memakan mie instan apalagi orang- orang yang sedang sibuk bekerja. Biasanya mereka lebih memilih makanan yang cepat saji yaitu mie instan.

Bahaya Efek Samping Kebanyakan Makan Mie Instan

Selain dapat mengenyangkan perut, mie instan ini juga murah meriah dan cepat dalam penyajiannya. Walaupun demikian, mie instan hanya bisa dijadikan makanan bantu sementara (selingan) dan tidak boleh di konsumsi secara terus menerus atau bahkan setiap hari, karena akan berdampak buruk bagi metabolisme tubuh.

Tidak sedikit orang yang sudah mengetahui bahaya mengkonsumsi mie instan berlebihan, tetapi mereka masih saja mengkonsumsi mie instan bahkan dicampur dengan nasi. Hal ini karena mie instan mempunyai daya tarik tersendiri bagi pada pecinta mie instan, terlebih sekarang ini sudah banyak variasi rasa yang semakin menggugah selera.

Namun alangkah baiknya jangan keseringan mengkonsumsi mie instan, karena kandungan zat yang ada pada mie instan kurang baik untuk tubuh. Selain itu, mie instan tidak memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi tubuh. 

Walaupun di dalam mie instan terdapat kandungan karbohidrat dalam jumlah besar, namun kandungan- kandungan vitamin, mineral, dan protein yang ada di dalam mie instan sangatlah sedikit. 

Efek Samping Kebanyakan Makan Mie Instan 

Bahaya Efek Samping Kebanyakan Makan Mie Instan

Jika kita memakan mie instan, sebaiknya mie instan tersebut di campur dengan bahan lain yang mengandung banyak vitamin, bukan malah dicampur nasi. Contoh campuran yang baik ketika makan mie instan misalnya, sayuran sawi hijau, sawi putih, sayur bayam, tomat, telur, dan lain- lainnya. Berikut saya akan jelaskan dampak dari memakan mie instan secara berlebihan. 

1. Mie Instan Membuat Kita Mudah Cepat Lapar 

Mengkonsumsi mie instan dapat membuat kita mudah lapar kembali. Hal ini karena kandungan karbohidrat dalam mie instant berbeda dengan karbohidrat yang terkandung di dalam nasi. Kandungan karbohidrat dalam nasi merupakan kandungan karbohidrat kompleks yang akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Sedangkan kandungan karbohidrat dalam mie instan sifatnya lebih sederhana sehingga mudah diserap. Akibatnya, mie instan memberi efek lapar lebih cepat dibanding nasi. 

2. Menghambat Pencernaan dan Mengakibatkan Usus Bocor 

Mie instan banyak mengandung MSG atau vetsin dan bahan pengawet, sehingga sistem pada tubuh pun akan lama mencerna mie instan tersebut dan membutuhkan waktu 3 hari untuk dapat mencernanya. Jika semua kandungan zat tersebut menumpuk pada tubuh, maka akan tambah sulit untuk di cerna oleh tubuh. Hal ini bisa membuat usus terluka dan bisa membuat usus bocor. 

3. Terkena Penyakit Darah Tinggi 

Mie instan juga mengandung zat natrium (Na) yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan zat natrium yang ada pada bumbu mie instant dapat membuat kadar asam lambung akan mengalami peningkatan, sehingga akan terjadi pengikisan pada dinding lambung. Nah.. jika terlalu banyak mengkonsumsi zat tersebut. Zat natrium ini dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. 

4. Mengakibatkan Kanker 

Mie instan mengandung zat lilin yang mana zat lilin ini membuat mie tidak lengket dan tidak menggumpal saat kita memasak mie instan. Zat ini sangat sulit sekali dicerna oleh tubuh dan membutuhkan waktu 3 hari untuk mencerna dan membuang zat ini. Jika mengkonsumsi mie instan terus menerus dan secara berlebihan, maka zat ini akan menumpuk di dalam tubuh kita. Selain itu, mie instan juga banyak mengandung MSG atau monosodium glutamat. Yang mana kandungan- kandungan yang ada pada mie instant dapat memicu timbulnya sel kanker pada tubuh kita. 

Tips Cara Sehat Makan Mie Instan 

Setelah mengetahui efek dan dampak dari mengkonsumsi mie instan secara berlebihan, sebaiknya kita harus berhati- hati dalam mengkonsumsi mie instan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Kalau sudah mengobati tuh pasti membutuhkan banyak biaya. Sesibuk apapun kita, sebaiknya kita harus memperhatikan asupan makanan agar kita terhindar dari penyakit- penyakit yang berbahaya ini. 

Dalam merebus mie instant, sebaiknya buanglah air yang pertama kali digunakan untuk merebus mie instan dan di ganti dengan air yang baru (mie instan direbus dua kali). Hal ini dapat membantu meminimalkan kandungan zat lilin yang masuk pada tubuh kita. 

Selain itu juga, saat merebus mie instan, jangan langsung mencampur bumbunya saat mie masih mendidih di atas nyala api. Hal ini harus di hindari karena bumbu yang ada pada mie instan mengandung zat yang berbahaya jika ikut dimasak.

Maka campurkanlah bumbu saat mie sudah diturunkan dari api (di dalam mangkuk). Alangkah lebih baik juga memasak mie di campur dengan sayur- sayuran atau telor. Hal ini agar dapat melengkapi kandungan zat gizi untuk kesehatan tubuh juga. 
Hindari mengkonsumsi mie instan di campur dengan nasi (karbohidrat + karbohidrat), karena akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh yaitu dapat mengakibatkan terjadinya kegemukan atau obesitas dan dapat mengakibatkan resiko terjadi diabetes melitus atau kencing manis. 

Semoga bermanfaat.. 🙂

0 Response to "4 Bahaya Efek Samping Kebanyakan Makan Mie Instan. Apa Akibatnya ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel