Header Ads

9 Tips Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog untuk Pemula

9 Tips Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog. Meningkatkan pengunjung blog merupakan suatu problematika tersendiri bagi seorang blogger. Bahkan tak sedikit blogger yang menyerah dalam tahap ini, mulai dari rasa bosan atau frustasi karena sudah banyak cara yang ia lakukan namun masih belum mendatangkan pengunjung yang signifikan. Hal ini kemungkinan karena mereka masih menggunakan cara SEO lama yang sudah tidak aktif lagi ketika membangun blog.

Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog

Penerapan teknik SEO kuno yang asal-asalan bisa saja akan membut mesin pencari mengecap blog kalian sebagai blog SPAM, sehingga efeknya tidak akan terasa. Bahkan dibeberapa kasus memang pengunjung akan naik pada awalnya dan kemudian berakhir dengan penalty dari Google. Maka dari itu kalian harus berhati-hati ketika ingin mendatangkan pengunjung dan harus memperhatikan 3 hal berikut ini :
  • SEO (Search Engine Optimazion)
  • Link Building atau Backlink
  • Content Marketing atau Promosi Konten
Namun sebelum kalian memutuskan untuk mengoptimasi blog yang kalian miliki, langkah pertama sebaiknya kalian pastikan dulu apakah blog kalian sudah memiliki 5 hal berikut ?

1# Konten Berkualitas

Content is King. Bagian terpenting dalam sebuah blog adalah konten. Ingatlah alasan utama dari seorang pengunjung mengunjungi blog kalian adalah karena konten yang ada di blog kalian. Jadi hal pertama yang harus kalian perhatikan ketika ingin meningkatkan pengunjung blog adalah kualitas konten blog yang kalian miliki saat ini.

2# Desain Blog Nyaman

Desain blog juga merupakan factor penting yang harus kalian perhatikan ketika membangun blog. Usahakan untuk menggunakan desain yang simple dan enak dilihat mata. Jika desain blog kalian nyaman dimata, maka pengunjung blog pasti akan betah berlama-lama di blog kalian. Usahakan untuk menggunakan widget yang penting saja seperi, popular post, recent post atau random post.

Gunakan font yang jelas dan enak dilihat, aturlah ukuran font, jangan terlalu besar dan jangan juga terlalu kecil. Selain itu pada warna link, gunakan dengan warna yang senada dengan warna themplate atau warna yang sekiranya nyaman untuk dilihat. Hindari penggunaan warna kuning, karena warna kuning terkesan sulit untuk dilihat ketika background yang digunakan berwarna putih. Sebaiknya gunakan warna kontras lainnya.
Simak juga : 4 Cara Efektif Optimasi SEO Agar Page #1 Google

3# Kecepatan Loading

Kecepatan loading suatu blog atau website juga sangat memperngaruhi peringkat SEO. Yang dimaksud dari kecepatan loading disini adalah kecepatan dimana blog membuka konten yang akan disajikan kepada pengunjung. Semakin cepat loading blog, maka akan semakin bagus peringkat SEO-nya, begitu juga sebaliknya semakin lambat loading blog maka jangan heran jika pengunjung kalian lari karena tidak sabar menunggu blog kalian.

Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog Kecepatan Loading

Jika kalian berkeinginan untuk meningkatkan pengunjung blog, maka perhatikan kecepatan blog kalian. kalian bisa meliihat kecepatan blog kalian dengan memanfaatkan tools online yakni GTmetrik atau Google Speed Test.

Nah berikut ini adalah kiat yang harus kalian lakukan ketika blog kalian loadingnya masih lambat :
  • Kurangi dan batasi penggunaan widget blog
  • Kompres semua gambar yang di upload
  • Batasi jumlah link keluar
  • Jangan menggunakan gambar sebagai background blog
  • Hilangkan render blocking JavaScripit dan CSS
  • Ganti Themplate kalian dengan themplate yang SEO Friendly

4# Navigasi Blog

Navigasi ternyata salah satu elemen penting dalam sebuah website. Navigasi umumnya digunakan untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajahi setiap konten di blog kalian. Jadi buatlah navigasi blog yang nyaman dan mudah dipahami oleh pengunjung, baik itu navigasi di header maupun di sidebar. Selain itu optimalkan navigasi berupa artikel terkait dibawah dan di dalam artikel.

5# TLD atau Top Level Domain

Meskipun konten merupakan raja di dalam sebuah blog namun penggunaan TLD atau top level domain sangat disarankan ketika kalian ingin membangun branding blog untuk jangka panjang. Blog yang menggunakan TLD (com, net, org) akan dipkalianng lebih professional dan lebih disukai google dibandingkan kalian menggunakan domain gratisan. Selain itu, dengan menggunakan domain TLD, pengunjung akan lebih mudah mengingat branding blog kalian.

Nah jika dirasa blog kalian sudah memenuhi kriteria diatas, maka kini saatnya kita melakukan optimasi untuk meningkatkan pengunjung blog. Jadi berikut ini adalah cara yang harus kalian perhatikan.
Simak juga: Ditolak Adsense? Tenang Ada 7 Alternatif Adsense Terbukti Membayar

Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog untuk Pemula

Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog untuk Pemula

#1 Membuat Konten Populer

Disamping kalian harus rajin dalam membuat konten berkualitas, kalian juga harus rajin dalam membuat konten populer atau konten yang sedang hangat dibicarakan. kalian bisa memanfaatkan Google Trends untuk melihat isu semasa atau hal-hal yang sedang hangat dibicarakan. Selain melihat konten populer melalui Google Trends, kalian juga bisa mengintip konten populer dari kompetitor kalian dengan memanfaatkan tools yang bernama Ahrefs.

#2 Judul Menarik

Ketika pengunjung memutuskan untuk mengunjungi blog kalian, jelas hal yang pertama kali mereka lihat adalah judul. Sebenarnya, menarik atau tidak artikel yang kalian tulis, bisa dilihat dari judul artikel yang kalian buat. Jika judul artikel kalian saja tidak menarik, kemungkinan pengujung juga tidak tertarik untuk membaca artikel kalian, bahkan meski informasi didalamnya sangat berbobot.

Memang dibutuhkan kraatifitas ketika kalian di tuntut untuk membuat judul yang bagus dan menarik. Namun agar kalian tidak kesulitan dalan membuat judul artikel yang menarik, berikut ada kiat yang dapat kalian lakukan :
  1. Tambahkan angka atau presentase
  2. Tambahkan kata pemikat seperti cepat, mudah, praktis
  3. Gunakan judul yang mengandung pertanyaan
  4. Gunakan judul kumpulan cara
  5. Gunakan kutipan kata dari tokoh terkenal

#3 Gambar Menarik

Sebuah artikel tanpa gambar itu ibarat nasi tanpa garam, hambar tak ada rasanya. Maka dari itu dalam setiap konten usahakan untuk menambah gambar minimal satu, tentu saja gambar tersebut yang seirama dengan konten artikel dan juga enak dilihat mata. kalian bisa mendapatkan gambar ini dari Google image atau gambar koleksi pribadi.

#4 Share Ke Sosial Media

Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog Share Social Media

Social media sekarang ini juga menjadi pertimbangan tersendiri untuk menilai blog tersebut layak atau tidak untuk ditempatkan diposisi terbaik di mesin pencarian. Namun hati-hati ketika kalian share postingan kalian di media social, jangan sampai blog kalian di anggap spam. Cara terbaik ketika kalian berniat meningkatkan pengunjung blog dari media social adalah dengan melakukannya secara manual atau dengan menggunakan iklan. Hindari penggunaan tools otomatis karena dapat berakibat fatal untuk keberlangsungan blog kalian.

Cara lain yang gratis adalah dengan memanfaatkan grup-grup yang related dengan niche atau topik blog kalian. Misalkan saja topik blog kalian adalah game, nah kalian bisa join group-grup facebook yang berkaitan. Setelah kalian diapprove sebagai member, kalian bisa share artikel yang sesuai dengan topik group tersebut, namun perlu diingat ! Jangan melakukan spam atau share konten secara membabi buta, bisa saja akun facebook kalian malah dibanned karena peraturan facebook sekarang yang semakin ketat.

#5 Manfaatkan Guest Posting

Guest Post memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari membangun branding, optimasi SEO hingga meningkatkan pengunjung blog secara natural. Jika blog kalian masih baru atau sepi pengunjung, disarankan untuk melakukan guest posting. Caranya dengan mencari blog seniche dimana blog tersebut sudah memiliki banyak sekali pengunjung. Setelah itu hubungi sang pemilik dan katakan bahwa kalian ingin melakukan guest posting.

#6 Optimasi Artikel

Selalu ingatlah bahwa KONTEN IS KING ! Di era teknik SEO modern saat ini tentu teknik penulisan artikel SEO sudah sedikit mengalami perubahan. Dulu kita menganggap bahwa, artikel SEO harus memenuhi kriteria berikut :
  • Memiliki keyword density sepersekian persen
  • Panjang artikel harus diatas 500 kata
  • Keyword harus di bold, italic atau underline (optional)
  • Keyword harus selalu diprioritaskan di paragraph awal dan akhir (optional)
Namun kini sudah berbeda, artikel yang SEO friendly adalah artikel adalah artikel yang disukai pengunjung. Buatkan konten yang menarik dan enak dibaca oleh manusia, karena yang akan membaca artikel kalian itu manusia bukan robot. Meskipun begitu, jangan lupa menyisipkan keyword yang kalian bidik.

#7 Link Building

Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog Link Building

Link Building merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog secara drastis dan massif. Tentu dalam membangun link building atau backlink tidak boleh dilakukan secara asal-asalan dan harus dilakukan dengan benar agar blog kalian tetap aman dan terhindar dari Google Sandbox. Silahkan untuk mencari referensi di internet untuk membuat link building yang bagus.

#8 Incar Keyword Dengan Volume Pencariaan Tinggi dan Low Competition

Ini adalah kunci awal ketika kalian ingin membangun sebuah blog yaitu dengan menetapkan keyword yang memiliki banyak pencarian namun minim persaingan. Jika kalian masih minim tentang pengetahuan SEO, maka sebaiknya gunakan solusi ini dan hindari untuk menggunakan keyword yang memiliki pencarian tingi dan persaingan yang tinggi.
Simak juga: Jangan Kebanyakan Ngeblog, Jalan-jalan dulu di Wisata Australia

#9 Submit Artikel Ke Situs Berita

Jika kalian ingin mendapatkan ribuan pengunjung dalam waktu yang singkat, kalian bisa memanfaatkan situs berita yang menerima konten sharing seperti VivaLog dan Liputan6.com. Kedua situs ini memberikan kesempatan blogger untuk mengirimkan cuplikan artikel yang nantinya di posting di website mereka. Efek yang dihasilkan pun cukup luar biasa, meskpun efeknya hanya satu atau dua hari saja, namun cukup lumayan terutama untuk blog baru.

Teknik diatas hanya sebagian teknik yang dapat kalian gunakan untuk menambah pengunjung blog kalian. kalian bisa mencari referensi lain untuk menambah kreasi promosi yang lebih tepat dan bagus demi keberlangsungan blog kalian. Oke, saya rasa cukup sekian artikel tentang cara cepat meningkatkan pengunjung blog untuk pemula, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Jangan lupa share blog Ayuni.web.id kalau kalian menyukainya ! Thanks gaes...

0 Response to "9 Tips Cara Cepat Meningkatkan Pengunjung Blog untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel