Header Ads

Apa Itu Bisnis? Nih Pengertian & Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Bisnis? Sobat mungkin akan menjawab bisnis adalah usaha, bisnis adalah menjual barang untuk memperoleh keuntungan. Semua yang Sobat katakan itu benar! Namun dalam arti luas bisnis adalah usaha untuk menjual jasa atau barang yang dilakukan oleh perorangan, kelompok atau organisasi kepada konsumen atau masyarakat dengan tujuan utamanya untuk memperoleh keuntungan / laba / profit.

Apa Itu Bisnis

Selain digunakan untuk memperoleh keuntungan, bisnis sebenarnya juga memiliki fungsi lain diantaranya :
  • Bisnis digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  • Bisnis merupakan ajang untuk menciptakan nilai suatu produk agar lebih bernilai guna.
  • Bisnis dapat menciptakan lapangan kerja, karena untuk memulai atau menjalankan suatu bisnis pasti kita memerlukan tenaga pegawai atau tenaga orang lain.
  • Bisnis dapat menambah pemasukan negara yang berupa pajak. Jika bisnis Sobat berada dalam lingkup bisnis menengah atau bisnis besar, tentu perusahaan Sobat diwajibkan membayar pajak kepada negara.
Sekarang Sobat sudah paham apa itu bisnis bukan? Nah sekarang kita akan membahas lebih lanjut tentang pelaku bisnisnya. Sepeti yang sudah saya katakan diatas tadi, bisnis dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok atau organisasi. Biasanya pelaku bisnis ini biasa disebut dengan Dasar Kepemilikan Bisnis yang mencakup :
  • Perusahaan perseorangan merupakan bisnis yang biasanya dimiliki oleh satu orang.
  • Bisnis Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana 2 orang atau lebih melakukan kerjasama untuk mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis persekutuan ini juga masih bisa dikelompokkan lagi menjadi perusahaan komanditer dan Firma.
  • Bisnis Perseroan adalah bisnis yang dimiliki oleh beberapa orang, dan diawasi oleh seorang Direktur.
  • Bisnis Koperasi adalah bisnis yang memiliki banyak anggota atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan.
Di jaman sekarang yang serba sulit untuk mencari pekerjaan, apa salahnya jika kita mencoba untuk memulai bisnis sendiri? Sobat beralasan tidak punya modal? Jangan khawatir, karena kita bisa mencoba berbisnis dengan modal kecil. Apa bisa? Jelas bisa ! Mungkin masalah lain Sobat tidak memiliki ide bisnis. Untuk masalah ini Sobat dengan mudah bisa mencari idenya di internet, karena sekarang ini sudah banyak blog yang dapat Sobat gunakan sebagai referensi ketika akan memulai bisnis.
Demikian artikel tentang apa itu bisnis? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Sobat semua.

0 Response to "Apa Itu Bisnis? Nih Pengertian & Penjelasan Lengkapnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel