Header Ads

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata? 6 Tips Ini Bisa Membantu Kamu !

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata? Mata manusia merupakan organ yang sangat vital karena berfungsi sebagai indera penglihatan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata harus dilakukan agar mata selalu sehat dan indah. Banyak dari kita yang merasa selalu menjaga kesehatan mata, namun tidak pernah sadar akan hal buruk yang berbahaya dan mengancam kesehatan mata kita. Berkurangnya kesehatan mata akan berdampak pada berkurangnya pula kualitas penglihatan mata kita di kemudian hari.

Untuk itu, berikut adalah 6 tips bagaimana cara menjaga dan memelihara kesehatan mata kita, kalian yang memiliki masalah ini bisa simak sampai habis ya informasinya.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata

1# Banyak mengonsumsi buah dan sayur

Kandungan Vitamin A yang tinggi dalam buah dan sayur terbukti mampu memelihara dan menjaga kesehatan mata kita. Wortel, bayam, dan tomat adalah beberapa buah dan sayur yang memiliki kandungan Vitamin A tertinggi. Untuk itu, agar kesehatan mata kita tetap terjaga, anda bisa mengonsumsi banyak-banyak buah-buahan dan sayur mayur. Dalam mengonsumsi bahan-bahan tersebut anda bisa memasaknya untuk sayur-sayuran sedang untuk buah-buahannya anda bisa membuat juice dengan diblender.

2# Jangan membaca dalam ruangan bercahaya redup

Salah satu kegiatan yang menyita penglihatan dan konsentrasi kita dalam waktu yang lama adalah membaca. Seringkali, membaca di tempat yang bercahaya redup adalah salah satu penyebab terganggunya penglihatan mata kita. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah membaca di tempat yang bercahaya redup. Apabil saat itu anda memang diharuskan membaca, pindahlah ke ruangan lain di mana anda bisa mendapatkan penerangan yang lebih baik.

3# Hindari terlalu lama terfokus pada layar

Di masa sekarang, salah satu penyebab terbesar kerusakan mata adalah terlalu lama mata kita terfokus pada layar. Komputer, televisi, dan handphone adalah beberapa di antaranya. Maka dari itu, hindarkan mata kita untuk terlalu lama fokus pada layar. Berilah jeda beberapa waktu untuk mata kita rileks setelah lama terfokus pada layar.
simak yuk: Bagaimana cara mencegah penuaan dini?

4# Atur jarak ideal ketika menulis

Jika anda seorang pelajar, bisa jadi anda melewatkan yang satu ini. Pada saat kita menulis, biasanya kita lupa mengatur jarak ideal, dan cenderung terlalu dekat antara mata dan buku yang sedang kita tulis. Jarak ideal pada saat menulis adalah sekitar 30 senti meter. Jadi, biasakan diri anda untuk mengatur jarak ideal, untuk menghindari kerabunan pada mata.

5# Hindari kontak langsung dengan sinar matahari/cahaya yang terlalu terang

Pada saat berada di luar ruangan, kita sering melihat banyak orang yang mengenakan kaca mata hitam. Hal ini bertujuan agar kita tidak melihat langsung sinar matahari yang terlalu terang, sehingga dapat mengganggu kesehatan mata kita. Hal ini sebaiknya juga perlu anda praktikkan untuk tetap memelihara kesehatan mata, karena ternyata memandang secara langsung sinar yang terlalu terang/panas dapat mengakibatkan kerabunan di kemudian hari.

6# Hindari mengenakan kontak lensa dalam waktu yang lama

Banyak yang merasa tidak percaya diri ketika sedang menggunakan kaca mata, oleh karena itulah biasanya beberapa orang menggantinya dengan mengenakan kontak lensa. Sebenarnya, kontak lensa aman digunakan asal tidak dalam waktu yang lama. Terlalu lama mengenakan kontak lensa, apalagi lupa melepaskannya pada saat sedang tidur dapat mengakibatkan iritasi atau bahkan kerusakan pada mata.

Setelah membaca 6 tips cara menjaga kesehatan mata di atas, akan lebih baik jika kita lebih menyayangi kesehatan mata kita, agar terhindar dari kerusakan mata dan kerabunan, ya. Semoga tips di atas bermanfaat, dan dapat anda praktikkan untuk terjaganya mata yang sehat dan indah.

0 Response to "Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata? 6 Tips Ini Bisa Membantu Kamu !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel